PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DIDUKUNG MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HASIL PENGAMATAN TENTANG PENGARUH ENERGI PANAS, GERAK, GETARAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA KELAS III SDN KALIDAWIR 3 TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
ANUGRAH WANYULI WIBANATA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0162
Abstract
Abstrak
Anugrah Wanyuli Wibanata: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw didukung Media Nyata Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hasil Pengamatan Tentang Pengaruh Energi Panas Gerak Dan Getaran Hasil Kelas III SDN 3 Kalidawir Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran di kelas III masih dilakukan dengan pembelajaran konvensional yang hanya terpusat pada guru. Metode yang dilakukan yaitu ceramah, pemberian tugas dan soal-soal, akibatnya kurang menarik perhatian siswa dan menjadikan siswa semakin jenuh, sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai secara maksimal.
Permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari tanpa menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan didukung media nyata pada siswa kelas III SDN 3 Kalidawir ? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan didukung media nyata pada siswa kelas III SDN 3 Kalidawir ? (3) Apakah Pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan didukung media nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan kemampuan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas III SDN 3 Kalidawir ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN 3 Kalidawir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari tanpa diterapkan model pembelajaran Jigsaw didukung media nyata pada siswa kelas III SDN 3 Kalidawir telah mencapai KKM
(2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari dengan diterapkan model pembelajaran Jigsaw didukung media nyata pada siswa kelas III SDN 3 Kalidawir telah mencapai KKM (3) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Jigsaw didukung media nyata pada siswa kelas III SDN 3 Kalidawir
Simpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi pengaruh energi panas gerak dan getaran siswa kelas III SDN 3 Kalidawir cenderung meningkat.
Kata kunci: model pembelajaran Jigsaw, media nyata, pengaruh energi.