PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA KELOMPOK DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN (EROSI, ABRASI, BANJIR, LONGSOR) PADA KELAS IV DI SDN BALETURI KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Author (Penulis)
ALLIFFIANA FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0161
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini diawali dari hasil observasi di SDN Baleturi I dan SDN Baleturi II Kecamatan
Prambon Kabupaten Nganjuk, yang menunjukkan pencapaian ketuntasan siswa pada mata pelajaran
IPA tentang pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan masih kurang memuaskan atau
masih rendah. Hal ini disebabkan oleh minimnya guru dalam memfasilitasi kegiatan belajar siswa,
yang menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mempelajari mata pelajaran IPA, sehingga
menjadikan siswa pasif dan hasil belajar yang dicapai kurang maksimal. Hal tersebut berdampak pada
hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai
ketuntasan minimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray
terhadap kemampuan kerjasama kelompok dan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan pengaruh
perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, longsor). Penelitian ini berfokus
pada kelas IV yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk
mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data penelitian
dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2016 di SDN Baleturi I dan SDN Baleturi II Kecamatan Prambon,
Kabupaten Nganjuk. Data penelitian berapa data hasil belajar siswa dari pretest dan posttest. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik
analisis data statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan independent samples t test hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa penggunaan model two stay two stray terdapat pengaruh, hal ini dapat dibuktikan
bahwa hasil perhitungan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka H
?
ditolak dan Ha diterima. Demikian
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray
terhadap kemampuan kerjasama kelompok dan hasil belajar kompetensi dasar menjelaskan pengaruh
perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, longsor) pada kelas IV di SDN
Baleturi, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk. Disini terbukti bahwa hasil kemampuan
menjelaskan antara tanpa perlakuan model dengan model pembelajaran two stay two stray berbeda.
Berdasarkan hasil persentase, kemampuan sikap kerjasama kelompok untuk kelas eksperimen adalah
73 % sudah termasuk kategori baik. Kesimpulannya bahwa model two stay two stray berpengaruh
terhadap kemampuan siswa dalam bekerjasama.
Kata Kunci : TS-TS, Kerjasama Kelompok, Pengetahuan Menjelaskan Pengaruh Perubahan
Lingkungan Fisik Terhadap Daratan, Hasil Belajar.