PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN KERJASAMA DI LINGKUNGAN RUMAH, SEKOLAH, DAN KELURAHAN/ DESA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III B SDN TAMBIBENDO KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
M ALFIN BAHRUL ALAM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0160
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa kelas III SDN Tambibendo pada materi kemampuan melakukan kerjasama dilingkungan rumah,sekolah dan kelurahan/desa masih rendah. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru tidak mengunakan model dan media yang tepat untuk materi menentukan kemampuan melakukan kerjasama dilingkungan rumah,sekolah dan kelurahan/desa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran Snowball Throwing agar tujuan pembelajaran tercapai.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan kerjasama di lingkungan rumah,sekolah dan kelurahan/desa sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas III B SDN Tambibendo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tahun 2015 -2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan kerjasama di lingkungan rumah sekolah dan kelurahan/desa setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada kelas III B SDN Tambibendo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tahun 2015 - 2016? (3) adakah pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan mendiskripsikan kerjasama di lingkungan rumah ,sekolah dan kelurahan/desa pada siswa kelas III B SDN Tambibendo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tahun 2015- 2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III B SDN Tambibendo. Desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design secara Random dan dianalisis menggunakan SPSS versi 16.0 for windows.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kelas III B SDN Tambibendo kurang mampu dalam melakukan kerjasama di lingkungan rumah,sekolah dan kelurahan/desa tanpa model Snowball Throwing. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis yaitu rata- rata nilai posttest kelas control mendapat nilai dibawah KKM 67,8 < 70. (2) Kemampuan Siswa kelas III B SDN Tambibendo mampu melakukan kerjasama dilingkungan rumah,sekolah dan kelurahan/desa dengan model Snowball Throwing. Hal tersebut dibuktikan dengan rata – rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 79 > 70.(3) Setelah diketahui dari hasil analisis data “ada pengaruh signifikan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas III B SDN Tambibendo tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dibuktikan dari t hitung sebesar 1996 dan ttabel 1,701 sehingga H0 di tolak pada tarah signifikan 5%.
KATA KUNCI : Model Snowball Throwing dan Hasil Belajar