PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MRICAN KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

PUTRI RAHAYU PAMUNGKAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0157

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih di dominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimana kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Mrican Kota Kediri Tahun 2015/2016? (2)Bagaimana kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan menggunakan model Examples Non Examples tanpa didukung media gambar kelas IV SDN Mrican Kota Kediri Tahun 2015/2016 ? (3)Apakah ada pengaruh penggunaan model Examples Non Examples didukung media gambar terhadap kemampuan kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan kelas IV SDN Mrican Kota Kediri Tahun 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mrican Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik analisis satistik inferensial dengan uji –t, menggunakan program SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan menggunakan Model Examples Non Examples didukung media gambar Siswa Kelas IV SDN Mrican Kota Kediri dinyatakan menguasai atau Berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa adalah lebih dari KKM (70) yaitu 79.88. (2) Kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan menggunakan Model Examples Non Examples tanpadidukung media gambar pada siswa Kelas IV SDN Mrican Kota Kediri dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa adalah kurang dari KKM (70) yaitu 66.44. (3) Ada pengaruh penggunaan Model Examples Non Examples didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan pada siswa Kelas IV SDN Mrican Kota Kediri. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan thitung dan ttabel (5.341> 1.68830). KATA KUNCI :Model Pembelajaran Examples Non Examples, Kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI