PENGARUH MODEL SURVEY-QUESTION-READ-RECITED-REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN TENTANG ISI TEKS AGAK PANJANG YANG DIBACA SECARA INTENSIF PADA KELAS III SDN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RIA KARTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0154
Abstract
ABSTRAK
Ria Kartika Sari : Pengaruh Model Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Menjawab Pertanyaan Tentang Isi Teks Agak Panjang Yang Dibaca Secara Intensif Pada Kelas III SDN Gurah KabupatenKediri, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas NusantaraPGRI Kediri, 2016
Kata kunci :Survey-Question-Read-Recited-Review (SQ3R), kemampuan, menjawab teks, dibaca intensif
Berdasarkan hasil observasi di SDN Gurah menunjukkan bahwa kemampuan siswa SD kelas III dalam membaca intensif masih kurang. Sebagian siswa dapat membaca dengan lancar, namun kurang memahami isi bacaan tersebut, hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menjawab pertanyaan tentang isi teks agak panjang yang dibaca secara intensif pada dengan menggunakan model Know-Want To Know-Learned (KWL)? (2) Bagaimana kemampuan menjawab pertanyaan tentang isi teks agak panjang yang dibaca secara intensif dengan menggunakan model Survey-Question-Read-Recite-Review (SQ3R)? (3) Adakah pengaruh model SQ3R terhadap kemampuan menjawab pertanyaan tentang isi teks agak panjang yang dibaca secara intensif pada siswa kelas III SDN Gurah Kabupaten Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas IIIB sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas IIIA sebagai kelas kontrol, dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 antara tanggal 4 Maret 2016 s.d. 8 Maret 2016. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah rata rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 77,17>60,51. Besarnya pengaruh model SQ3R sebesar 27,53%. Terselesainya penelitian ini didukung oleh kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana. Tetapi, masih ada faktor utama yang disarankan menghambat yaitu belum seluruh siswa mampu fokus pada pembelajaran dan modelSQ3R ini baru diterapkan pertama kali. Oleh karena itu, guru hendaknya sering melatih siswa membaca intensif, selain itu siswa harus menambah pengetahuan baik melalui hasil membaca atau pengalaman sehari-hari sehingga memiliki wawasan yang luas.