PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI SERTA PENGALAMAN MENGGUNAKANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN KAMPUNGDALEM TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
AYU PURNAMA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0146
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru yang menggunakan model ceramah dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran, hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa cenderung masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM.. (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Quasy Eksperimen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM IV dan SDN KAMPUNGDALEM III Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, dan test berupa soal uraian.
Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM. (2) Ada pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM.. (3) Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM.