PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI SERTA PENGALAMAN MENGGUNAKANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN KAMPUNGDALEM TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

AYU PURNAMA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0146

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh peran guru yang menggunakan model ceramah dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran, hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa cenderung masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM.. (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Quasy Eksperimen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM IV dan SDN KAMPUNGDALEM III Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, dan test berupa soal uraian. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM. (2) Ada pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM.. (3) Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN KAMPUNGDALEM.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI