PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN GAYA YANG DAPAT MENGUBAH BENTUK SUATU BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN JATIMULYO 1 KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BIMA SADANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0145

Abstract

BIMA SADANA : Pengaruh Metode Guided Discovery Didukung Media Konkret terhadap Kemampuan Menyimpulkan Gaya yang Dapat Merubah Bentuk Benda pada Siswa Kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kabupaten Tulungagung, Tahun Ajaran 2015/2016, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : Metode guided discovery, media konkret, gaya yang dapat mengubah bentuk benda, hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional sehingga kurang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari gaya yang dapat mengubah bentuk benda karena guru belum menggunakan metode maupun media pembelajaran yang menarik siswa sesuai dengan materi yang diajarkan. Guru hanya mengandalkan buku pegangan akibatnya minat dan motivasi belajar siswa menjadi berkurang, padahal pembelajaran IPA akan lebih menarik jika dilakukan dengan proses percobaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menyimpulkan hasil percobaan gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda tanpa metode guided discovery dan tanpa didukung media konkret, pada siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menyimpulkan hasil percobaan gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda dengan metode guided discovery didukung media konkret, pada siswa kelas IV SDN 2 Jatimulyo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (3) Untuk menjelaskan pengaruh metode guided discovery didukung media konkret terhadap kemampuan siswa dalam menyimpulkan hasil percobaan gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda , pada siswa kelas IV SDN 2 Jatimulyo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain nonequivalent control group desain dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal uraian sebanyak 15 butir soal pretest dan postest. Soal tersebut diberikan kepada kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mendeskripsikan dalam menyimpulkan hasil percobaan gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda tanpa menggunakan metode guided discovery dan tanpa didukung media konkret kelas IV A SDN Jatimulyo 1 masih di bawah kkm.(2) Kemampuan mendeskripsikan dalam menyimpulkan hasil percobaan gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda dengan menggunakan metode guided discovery didukung media konkret kelas IV B SDN Jatimulyo 1 mencapai KKM 75. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan penerapan metode guided discovery didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan dalam menyimpulkan gaya yang dapat mengubah bentuk suatu benda pada siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI