pengaruh model pembelajaran number head together di dukung media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makananya pada siswa kelas IV SDN asmorobangun 1 kecamatan puncu kabupaten kediri T.A 2015/2016


Author (Penulis)

DENY PRASETYO NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0143

Abstract

Kata kunci : Model Number Head Together ,media gambar, penggolongan hewan. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA SDN Asmorobangun 1 masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan terkesan membosankan. Hal ini nampak pada hasil belajarpun juga rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mendiskripsikan kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together tanpa media gambar siswa kelas IV SDN Asmorobangun 1 Tahun Ajaran 2015/2016; 2. Mendiskripsikan kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together didukung media gambar siswa kelas IV SDN Asmorobangun 1 Tahun Ajaran 2015/2016;dan 3. Mendiskripsikan pengaruh penggunaan model Number Head Together didukung dengan media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Asmorobangun 1 Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV di SDN Asmorobangun 1. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan posttest-only control design. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan butir soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji-t menggunakan program Ms. Excel 2007. Setelah dilakukan penelitian dan berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5?, hasil analisis data menunjukkan bahwa t hitung dan t tabel adalah 3,2526>1,672. Dengan demikian terbukti bahwa “ada pengaruh model pembelajaran Number Head Together didukung media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Asmorobangun 1 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri T.A 2015-2016”. Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran Number Head Together di dukung media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Asmorobangun 1 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri T.A 2015-2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI