PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III DI SD GAYAM KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RATNA PRAMESTI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0138

Abstract

ABSTRAK RATNA PRAMESTHI RAHAYU : Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III di SD Gayam Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : model artikulasi, kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di SD Gayam Kota Kediri tentang kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada kelas III. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran siswa yang malas, kurang berantusias, kurang fokus, mengeluh, bosan, dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Keadaan seperti ini terjadi karena proses pembelajaran masih hanya berorientasi kepada guru saja tanpa melibatkan siswa secara langsung. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa adanya sarana pendukung dalam menyampaikan materi. Untuk menyelesikan permasalahan di atas, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran artikulasi. Model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran yaitu model artikulasi. Model artikulasi adalah model pembelajaran yang berbentuk kelompok berpasangan, dimana bila salah satu siswa menyampaikan materi yang baru diterima kepada pasangannya kemudian bergantian, presentasi di depan kelas perihal hasil diskusinya dan guru membimbing siswa untuk menyimpulkan. Penelitian ini memiliki hasil: (1) Siswa tidak mampu meningkatkan kemampuan tentang materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan Model Pembelajaran ekspositori pada siswa kelas III di SDN Gayam rendah.(2)Siswa mampu meningkatkan kemampuan siswa tentang materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas III di SDN Gayam meningkat.(3)Berdasarkan rumusan hipotesis nomor 1 dan 2 maka hipotesis yang diturunkan dalam penelitian ini adalah hipotesis alternatif yaitu ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III di SDN Gayam. Berdasarkan hasil penilitian ini, disimpulkan bahwa siswa dalam mengikuti proses pembelajaran tidak hanya membutuhkan penyampaian yang diberikan guru saja, namun guru juga harus memberikan suatu pelajaran yang membuat siswa lebih kreatif, aktif dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran yang tepat bagi kondisi siswa dan yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari oleh siswa sehingga proses pembelajaran akan berjalan lebih efekti dan siswa mampu menguasai materi yang telah diberikan oleh guru secara mudah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI