PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DIDUKUNG MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA (TOKOH, TEMA, LATAR, AMANAT) PADA SISWA KELAS V SDN BULUSARI 1 TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DZI NURIYA ALFA RIFQIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0136

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Bulusari 1 tahun ajar 2015/2016 belum dapat mendeskripsikan unsur cerita dengan benar. Hal ini dikarenakan dalam setiap pembelajaran didominasi oleh guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah dengan tidak menggunkan Model Think Talk Write (TTW) dan media audio berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Bulusari 1 Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah Model Think Talk Write (TTW) didukung media audio berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Bulusari 1 Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran yang menggunakan Model Think Talk Write (TTW) didukung media audio dibanding dengan tidak menggunakan Model Think Talk Write (TTW) dan media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V SDN Bulusari 1 Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kelas kontrol dan eksperimen serta menggunkaan pendekata kuantitatif dengan subjek penelitian pada kelas kontrol sebanyak 23 siswa, dan pada kelas eksperimen sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan anatara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menggunkan Model Think Talk Write (TTW) dan media audio ialah 70. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunkan Model Think Talk Write (TTW) dan media audio ialah 83. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara kelas yang tidak menggunkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita dengan kelas yang menggunkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita. Kata Kunci : model think talk write (ttw), media audio, kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI