PENGARUH METODE EKSPERIMEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINNING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN BAHWA GAYA DORONGAN DAN TARIKAN DAPAT MENGUBAH BENTUK BENDA SISWA KELAS IV SDN 1 GONDANG KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TA. 2015/2016


Author (Penulis)

YULI WAHYU KRISTANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0134

Abstract

Yuli Wahyu Kristanti: Pengaruh Metode Eksperimen Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explainning (SFAE) Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Hasil Percobaan Bahwa Gaya Dorongan Dan Tarikan Dapat Mengubah Bentuk Benda Siswa Kelas IV SDN 1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Ta. 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara peneliti, bahwa guru dalam mengajar khususnya pembelajaran IPA di SD masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya siswa menjadi pasif dan cenderung asik bermain sendiri saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimana pengaruh Metode eksperimen dengan Model Pembelajaran SFAE terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dorongan dan tarikan dapat mengubah bentuk benda siswa kelas IV SDN1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung TA. 2015/2016?(2)Bagaimana pengaruh metode eksperimen tanpa model pembelajaran SFAE terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dorongan dan tarikan dapat mengubah bentuk benda siswa kelas IV SDN1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung TA. 2015/2016?(3)Adakah perbedaan pengaruh penggunaan metode eksperimen dengan model pembelajaran SFAE dengan metode eksperimen tanpa model pembelajaran SFAE terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya dorongan dan tarikan dapat mengubah bentuk benda siswa kelas IV SDN1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung TA. 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimetal dengan desain penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Posttes Only Control Desaign. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (dengan perlakuan) dan kelompok kontrol (tanpa perlakuan).Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Metode eksperimen dengan modelSFAE berpengaruh terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaansiswa kelas IV SDN 1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten tulungagung tahun ajaran 2015/2016; (2) Metode Eksperimen tanpa modelSFAE berpenagruh terhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan siswa kelas IV SDN 1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten tulungagung tahun ajaran 2015/2016: (3) Ada perbedaan pengaruhmetode eksperimen dengan modelSFAEdaneksperimen tanpa model SFAEterhadap kemampuan menyimpulkan hasil percobaan siswa kelas IV SDN 1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Metode Eksperimen, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explainning(SFAE), Gaya dorongan dan tarikan dapat mengubah bentuk benda.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI