PENGARUH MODEL TARI BAMBU DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS III SDN I GEBANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ANGGUN KRISTIANA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0133

Abstract

ABSTRAK ANGGUN KRISTIANA DEWI : Pengaruh Model Tari Bambu didukung Media Gambar terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas III SDN 1 Gebang Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran di SDN I Gebang hanya berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran, guru masih menerapkan model pembelajaran langsung saja sehingga suasana kelas menjadi membosankan. Disamping itu media pembelajaran jarang digunakan karena alasan kurangnya alat-alat yang memadai. Berdasarkan latar belakang tersebut, perumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung yang didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN II Gebang tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan model tari bambu yang didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN I Gebang tahun ajaran 2015/2016? Dan (3) Apakah ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran langsung yang didukung media gambar dibandingkan dengan model tari bambu yang didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN I Gebang tahun ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah siswa menjadi lebih tertarik terhadap pembelajaran IPA, sehingga akan meningkatkan hasil belajar dan peran aktif siswa dan dapat memicu semangat siswa berkompetisi dengan teman-temannya. Penelitian ini menggunakan teknik kelas eksperimen (pretest – posttest group control) serta menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian 18 siswa kelas III SDN I dan 18 siswa kelas III SDN II Gebang Tulungagung. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran tari bambu yang didukung media gambar dibanding dengan model pembelajaran langsung yang didukung media gambar. Dengan nilai rata-rata kelas kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (81,38 > 65,30) dan analisis yang dilakukan menunjukkan thitung (5.923) > ttabel 5% (2,109). Artinya terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran tari bambu yang didukung media gambar dibanding dengan model pembelajaran langsung yang didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN I Gebang tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : model pembelajaran tari bambu, media gambar, kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI