PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE PAIRS CHECK DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONDUREN I KAB.BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

KHOIRUN NISAK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0131

Abstract

ABSTRAK KHOIRUN NISAK:Pengaruh Model Kooperatif Tipe Pairs Check Didukung media Visual Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kebonduren I Kab.Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci :model pairs check, media visual, pemahaman globalisasi Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD masih banyak guru yang masih mengadopsi pola-pola lama yang cenderung pasif, dan guru masih menggunakan metode konvensional. Akibatnya siswa akan kurang aktif, malas berfikir dan pembelajaran akan membosankan. Hal tersebut membuat keberhasilan pembelajaran cenderung rendah. Permasalahan peneltian ini adalah (1) Apakah pemahamn siswa pada materi globalisasi dengan menggunakan model kooperatif tipe Pairs Check didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Kebonduren I Kab.Blitar tahun ajaran 2015/2016 lebih dari 70? (2) Apakah pemahamn siswa pada materi globalisasi dengan menggunakan model kooperatif tipe Pairs Check tanpa didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Kebonduren I Kab.Blitar tahun ajaran 2015/2016 lebih dari 70? (3) Apakah pemahaman siswa pada materi globalisasi menggunakan model kooperatif tipe Pairs Check didukung media visual lebih baik dari pemahamn siswa pada materi globalisasi menggunakan model kooperatif tipe Pairs Check tanpa didukung media visual?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Kebonduren I. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan menggunakan teknik pengumulan data berupa tes serta instrumen berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pemahaman siswa pada materi globalisasi pada kelas ekperimen menggunakan model kooperatif tipe Pairs Check didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Kebonduren I tahun ajaran 2015/2016 mencapai nilai 70. (2) Pemahaman siswa pada materi globalisasi pada kelas kontrol menggunakan model kooperatif tipe Pairs Check tanpa didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Kebonduren I tahun ajaran 2015/2016 tidak mencapai nilai 70. (3) Pemahaman siswa kelas IV SDN Kebonduren I Kab.Blitar Tahun Ajaran 2015/2016 yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif tipe Pairs Check didukung media visual lebih baik dari pemahaman siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Pairs Check tanpa didukung media visual. Kata kunci :model pairs check, media visual, pemahaman globalisasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI