Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya kelas V SDN Bujel tahun ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

NILA PRESTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0129

Abstract

ABSTRAK NILA PRESTIANA: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V SDN Bujel Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi proses daur air dengan KD mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada kelas V, siswa SDN Bujel Kota Kediri masih kesulitan untuk mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya yang dipelajari. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran belum sepenuhnya berjalan dengan aktif dan kreatif serta kurangnya variasi dalam pembelajaran dan jarangnya penggunaan media dalam memperjelas gambaran tentang materi yang diajarkan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tesebut dibutuhkan model Problem Posing. Berdasarkan latar belakang diperoleh rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan siswa kelas V SDN Bujel kota Kediri tahun 2015/2016 dalam mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya menggunakan model metode ceramah?, (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas V SDN Bujel kota Kediri tahun 2015/2016 dalam mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya menggunakan model Problem Posing?, (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Posing dan metode ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Bujel kota Kediri tahun 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Test and Post-Test Group Nonrandomized dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bujel Kota Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 44. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh metode ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Bujel kota Kediri tahun 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari koefisien pengaruh dari kelas kontrol 50,07%, (2) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Bujel kota Kediri tahun 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari koefisien pengaruh dari kelas eksperimen 86,50%, (3) Ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model problem posing dengan metode ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Bujel kota Kediri tahun 2015/2016. Hal ini dapat dilihat pada tabel 4.13 hasil uji independent t-test, diperoleh t hitung adalah 17,262 > t tabel (5%) dan taraf signifikasi 0,000 yang berarti kurang dari 0,05, sehingga Ho ditolak. Perbedaan koefisien pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 36,43 %. Kata kunci : problem posing, kemampuan, proses daur air dan kegiatan manusia.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI