METODE MODELING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN MENIRUKAN DIALOG DRAMA DENGAN EKSPRESI YANG TEPAT DARI PEMBACAAN TEKS DRAMA ANAK YANG DIDENGARNYA PADA SISWA KELAS 3 SDN 2 DANDANGAN KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SINDIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0128
Abstract
Abstrak
Sindiati: Pengaruh Metode Modeling The Way terhadap Kemampuan Menirukan Dialog dengan Ekspresi yang Tepat dari Pembacaan Teks Drama Anak yang Didengarnya Pada Siswa Kelas 3 SDN 2 Dandangan, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata Kunci: metode Modeling The Way, dialog, ekspresi, teks drama
Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih menggunakan metode yang monoton. Hal tersebut terlihat siswa yang kurang antusias dan belum mampu menirukan dialog drama dengan ekspresi yang tepat, yang pada akhirnya hasil belajarpun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya tanpa menggunakan metode Modeling The Way pada siswa kelas 3 SDN 2 Dandangan?. (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya setelah menggunakan metode Modeling The Way pada siswa kelas 3 SDN 2 Dandangan?.(3) Adakah pengaruh kemampuan menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya setelah menggunakan metode Modeling The Way pada siswa kelas 3 SDN 2 Dandangan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Posstest-Only Control Design. Pelaksanaannya dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun sampel penelitian ini pada siswa kelas 3 SDN 2 Dandangan Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016.
Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) kemampuan menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya tanpa menggunakan metode Modeling The Way pada siswa kelas 3 SDN 2 Dandangan, memperoleh nilai rata-rata 55,90 (2) kemampuan menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya setelah menggunakan metode Modeling The Way, memperoleh nilai rata-rata 78,57 (3) Ada pengaruh kemampuan menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya setelah menggunakan metode Modeling The Way pada siswa kelas 3 SDN 2 Dandangan, terlihat hasil uji-t t_hitung(2,53) >t_(tabel ) (1,688).