PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENCIPTA PUISI PADA SISWA KELAS V SDN NGANTRU KECAMATAN NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

YOHANES YUNIARSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0127

Abstract

Abstrak Yohanes Yuniarso : Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Mencipta Puisi Pada Siswa Kelas V SDN Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemampuan Mencipta Puisi. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Ngantru yang menunjukkan bahwa kemampuan mencipta puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V pada semester 2 SDN Ngantru cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran Bahasa Indonesia yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi membosankan. Permasalahan peneliti ini adalah: (1) Apakah penggunaan metode ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mencipta puisi pada siswa kelas V SDN Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? (2) Apakah penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan mencipta puisi pada siswa kelas V SDN Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan metode ceramah dibanding metode demonstrasi terhadap kemampuan mencipta puisi pada siswa kelas V SDN Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya siswa kelas V SDN Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu siswa kelas V SDN Ngantru 2 sebagai kelas kontrol dengan penyampaian metode ceramah dan siswa kelas V SDN Ngantru 1 sebagai kelas eksperimen dengan metode demonstrasi dan menggunakan analisis data menggunakan t-tes. Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mencipta puisi pada siswa kelas V SDN Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, terbukti dengan hasil th = 6,004 > tt 1% = 2,831; (2) Penggunaan metode demonstrasi sangat berpengaruh terhadap kemampuan mencipta puisi pada siswa kelas V SDN Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, terbukti dengan hasil th = 13,323 > tt 1% = 2,831; (3) Ada perbedaan pengaruh antara metode ceramah dibanding metode demonstrasi terhadap kemampuan mencipta puisi pada siswa kelas V SDN Ngantru Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, dengan hasil perhitungan th = 4,228 > tt 1% = 2,698 dengan keunggulan pada penggunaan metode demonstrasi. Hal ini terbukti dari Rerata Post Test Kelas Eksperimen (84,32) lebih besar dari Rerata Post Test kelas Kontrol (70,91).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI