PENGARUH MODEL SCRAMBLE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SEMESTER II SDN TAMANAN KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

VEBBY THATHA ARMAYOEDHA ZUDISTIRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0124

Abstract

Abstrak Vebby Thatha Armayoedha Zudistira: Pengaruh Model Scramble Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas III Semester II SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Scramble, Gambar, Kemampuan, Mengenal jenis-jenis pekerjaan Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dan observasi awal di Sekolah Dasar didapatkan bahwa pada saat pembelajaran guru menerapkan pembelajaran konvensional. Hal ini berakibat siswa menjadi kurang aktif dan tidak bisa berpikir kritis. Selain itu hasil belajar siswa masih sangat rendah di bawah ketuntasan belajar minimal yang diharapkan. Dengan diterapkannya model scramble didukung dengan media gambar diharapkan nantinya dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal jenis-jenis pekerjaan dan serta meningkatkan keaktifan dan kekritisan siswa dalam berpikir. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1)Apakah ada pengaruh tanpa menggunakan model pembelajaran scramble dan tanpa media gambar terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 ? (2)Apakah ada pengaruh menggunakan model pembelajaran scramble didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 ? (3)Apakah ada perbedaan pengaruh antara tanpa menggunakan model pembelajaran scramble dan tanpa media gambar dengan menggunakan model pembelajaran scramble didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena untuk mempermudah menganalisis data-data yang diperoleh berupa data numerik. Analisis data yang digunakan adalah statistika dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tamanan dengan memberikan tes kepada siswa melalui teknik penelitian pre test dan post test dengan memberikan instrumen berupa 15 soal uraian singkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Tanpa model scrambel dan tanpa didukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan, dengan ketuntasan mencapai kurang dari 75% (tepatnya 72%) (2) Penggunaan model scramble didukung media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan, dengan ketuntasan terhadap KKM mencapai di atas 75% (tepatnya mencapai 87%). (3) Ada perbedaan pengaruh yang yang signifikan antara tanpa menggunakan model scramble dan tanpa media gambar dibandingkan dengan penggunaan model scramble didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan. Dengan hasil sebagai berikut thitung = 3,7096 > ttabel 1,990% (5%) ?(?? ) p > 0,05 ?(?? ) yang berarti H0 ditolak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI