PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PERATURAN PERUNDAN-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN TINGKAT DAERAH PADA SISWA KELAS V SDN TEGARON 1 KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK 2015/2016


Author (Penulis)

ARI SUBEKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0121

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD masih didominasi oleh kurangnya model pembelajaran yang diperlukan siswa dalam menangkap suatu materi yang sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Hal tersebut nampak dari penguasaan konsep peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah memperoleh hasil yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Penguasaan Konsep Tentang Peraturan Perundang-undangan Tingkat Pusat dan Tingkat Daerah Pada Siswa Kelas V SDN Tegaron 1 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah model example non example berpengaruh terhadap penguasaan konsep peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan tingkat daerah pada siswa kelas V A SDN Tegaron 1 Kec.Prambon Kab.Nganjuk 2015/2016?. (2) Apakah model konvensional berpengaruh terhadap penguasaan konsep peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan tingkat daerah pada siswa kelas V B SDN Tegaron 1 Kec.Prambon Kab.Nganjuk 2015/2016?. (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model example non example dibanding model konvensional terhadap penguasaan konsep peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan tingkat daerah pada siswa kelas V SDN Tegaron 1 Kec.Prambon Kab.Nganjuk 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tegaron 1 Kec.Prambon Kab.Nganjuk 2015/2016, dengan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Desaign. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model example non example terhadap penguasaan konsep peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan tingkat daerah pada siswa kelas V A SDN Tegaron 1 Kec.Prambon Kab.Nganjuk 2015/2016, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung (16,42) > t_(tabel 1%) (2,807). (2) Ada pengaruh model konvensional terhadap penguasaan konsep peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan tingkat daerah pada siswa kelas V B SDN Tegaron 1 Kec.Prambon Kab.Nganjuk 2015/2016, hal ini terbukti dengan tingginya harga t_hitung (6,49) > t_(tabel 1%) (2,807). (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model example non example dibanding model konvensional terhadap penguasaan konsep peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan tingkat daerah pada siswa kelas V SDN Tegaron 1 Kec.Prambon Kab.Nganjuk 2015/2016, dengan keunggulan pada penggunaan model example non example. Hal ini terbukti dengan perbandingan ( x) ?_ kelas exsperimen yaitu 82,84 > ( x) ?_ kelas kontrol yaitu 66,58.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI