Pengaruh Metode Demonstrasi Didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Mengenal Sejarah Uang Pada Siswa Kelas III Semester II SDN Bulupasar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

DARA DOMI OKTAVIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0120

Abstract

ABSTRAK Dara Domi Oktavia, pengaruh metode demonstrasi didukung media realia terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III semester II SDN Bulupasar Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Demonstrasi, Realia, Kemampuan, Mengenal sejarah uang. Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dan observasi awal di Sekolah Dasar didapatkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD masih menggunakan pendekatan teacher center. Hal tersebut kurang menimbulkan rasa ingin tahu siswa sehingga mengakibatkan kemampuan belajar dalam mengenal sejarah uang menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran yaitu metode demonstrasi. Permasalahan pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan mengenal sejarah uang tanpa menggunakan metode demonstrasi didukung media realia pada siswa kelas III semester II SDN Bulupasar? (2) Bagaimana kemampuan mengenal sejarah uang dengan menggunakan metode demonstrasi didukung media realia pada siswa kelas III semester II SDN Bulupasar? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi didukung media realia terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III semester II SDN Bulupasar? Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena untuk mempermudah menganalisis data-data yang diperoleh berupa data numerik. Analisis data yang digunakan adalah statistika dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Bulupasar dengan memberikan tes kepada siswa melalui teknik penelitian pre test dan post test dengan memberikan instrumen berupa 25 soal pilihan ganda. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan metode konvensional (tanpa metode demonstrasi didukung media realia) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal sejarah uang, thitung (9,46) > ttabel (2,05) namun demikian ketuntasan masih kurang dari 75% terhadap KKM (tepatnya 42,9%). (2) Penggunaan metode demonstrasi didukung media realia berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengenal sejarah uang, hal ini terbukti dengan thitung (16,38) > ttabel (2,77). Serta dengan ketuntasan mencapai 85,5% diatas KKM. (3) Ada perbedaan pengaruh signifikan antara penggunaan metode demonstrasi didukung media realia dibanding tanpa metode demonstrasi didukung media realia terhadap kemampuan mengenal sejarah uang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI