PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) DIDUKUNG MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN BULUSARI I TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

KHOIRUN NISAK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0119

Abstract

ABSTRAK Khoirun Nisak: Pengaruh Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) didukung Media Benda Konkrit terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya, pada Siswa Kelas III SDN Bulusari 1, Tarokan, Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction), media Benda Konkrit, kemampuan mengidentifikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang telah dilakukanpeneliti, bahwa pada pelajaran IPA rata-rata kurang dari 50% klasikal dinyatakan tuntas berdasarkan KKM yang ditetapkan. Motivasi belajar siswa masih rendah karena kurangnya inovasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan media yang digunakan masih apa adanya tidak sesuai dengan materi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya tanpa menggunakan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) didukung media Benda Konkritpada Siswa Kelas III SDN Bulusari 1, Tarokan, Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Untuk mendeskripsikankemampuan mengidentifikasi sumber energidengan menggunakan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) didukung media Benda Konkritpada Siswa Kelas III SDN Bulusari 1, Tarokan, Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) didukung media Benda Konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Bulusari 1, Tarokan, Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Bulusari 1 kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumennya berupa tertulis. Analisis data penelitian menggunakan statistik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaan nya tanpa menggunakan Model ARIAS didukung Media Benda Konkrit pada siswa kelas III SDN Bulusari 1, Tarokan, Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 tergolong rendah dengan nilai rata-rata post test 73.83 dengan ketuntasan klasikal 70.8%<75%. 2) kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan Model ARIAS didukung Media Benda Konkrit pada siswa kelas III SDN Bulusari 1, Tarokan, Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 tergolong tinggi dengan nilai rata-rata post test kelas eksperimen yaitu 79.67 dengan ketuntasan klasikal 91,6% >75%. 3) ada pengaruh penggunaan Model ARIAS didukung Media Benda Konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Bulusari 1, Tarokan, Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI