PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CARA MANUSIA DALAM MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN ALAM DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS III SEMESTER II SDN BOBANG I KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RIA MENTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0118

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi kegiatan pembelajaran di kelas III SDN Bobang I yang mana guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah saja tanpa divariasikan dengan metode/model pembelajaran lain yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran Circuit Learning yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan mempermudah siswa menyerap materi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar tanpa menggunakan model Circuit Learning pada siswa kelas III semester II SDN Bobang I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. 2) Mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan model Circuit Learning pada siswa kelas III semester II SDN Bobang I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. 3) Menjelaskan pengaruh model Circuit Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar pada siswa kelas III semester II SDN Bobang I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian eksperimen dengan desain True Experiment (Eksperimen Murni) yaitu desain pretest posttest dua kelompok secara acak. Subjek penelitian terdiri dari kelas III A dengan jumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol dan III B dengan jumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes yang terdiri atas soal uraian berjumlah 10 item. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh: 1) Nilai rata-rata siswa pada materi mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar tanpa model Circuit Learning adalah 71,43. 2) Nilai rata-rata siswa pada materi mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar dengan model Circuit Learning adalah 81,78. 3) Ada pengaruh yang signifikan model Circuit Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar dengan hasil uji t yaitu thitung = 6,284 > ttabel = 2,00488 dengan taraf signifikan 5%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI