PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA UANG MAINAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PERHITUNGAN YANG BERKAITAN DENGAN UANG PADA SISWA KELAS III DI SDN I NOTOREJO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

FRISTI MENTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0115

Abstract

Abstrak Fristi Mentari: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Didukung Media Uang Mainan terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Perhitungan yang Berkaitan dengan Uang pada Siswa Kelas III di SDN I Notorejo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : model pembelajaran Two Stay Two Stray, hasil belajar matematika Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SD masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan penelitian ini adalah (1) pengaruh model Two Stay Two Stray didukung dengan media uang mainan terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang (2) pengaruh model Two Stay Two Stray tanpa didukung dengan media uang mainan terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang (3) perbedaan pengaruh antara menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media uang mainan dan model pembelajaran Two Stay Two Stray tanpa didukung media uang mainan terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN I Notorejo Gondang Tulungagung dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t atau t-test dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data, pengolahan data, dan pengujian hipotesis selanjutnya dikemukakan simpulan sesuai dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media uang mainan dibanding dengan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray tanpa didukung media uang mainan terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang pada siswa kelas III SDN 1 Notorejo Kecamatan Gondang tahun pelajaran 2016/2017 dengan keunggulan pada pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media uang mainan. Hal ini dibuktikan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI