PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA DI KELAS IV SDN 7 KAMPUNGDALEM KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN2015/2016
Author (Penulis)
SITI JAMI'ATUS SOLECHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0114
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan pembelajaran merupakan hal yang paling utama,sehingga dalam pembelajaran guru harus melaksanakan proses pembelajaran yang efektif yaitu dengan pengembangan media dan model yang sesuai, sehingga siswa akan lebih mudah dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar dalam model Student Facilitator And Explaining dan yang diajar tanpa media gambar dalam model Student Facilitator And Explaining.
Penelitian dilakukan secara eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas VI A berjumlah 32 siswa diajar dengan media gambar dalam model Student Facilitator And Explaining dan kelas IV B berjumlah 31 siswadiajartanpa media gambardalam model Student Facilitator And Explaining. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar dalam model Student Facilitator And Explaining dan tanpa media gambar dalam model Student Facilitator And Explaining.
Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar dalam model Student Facilitator And Explaining yaitu 81,87 lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar tanpa media gambar dalam model Facilitator And Explainingyaitu 68,87. Ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan media gambar dalam model Student Facilitator And Explaining 94% sedangkan yang diajar tanpa media gambar dalam model Student Facilitator And Explaining adalah 50%.
Kata Kunci : media gambar, model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya