PENGARUH MODEL LEARNING TRAJECTORY TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS II SDN SAMBI 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RETNO PRIHARTININGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0113
Abstract
PENGARUH MODEL LEARNING TRAJECTORY TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS II SDN SAMBI 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Retno Prihartiningsih
12.1.01.10.0113
FKIP – PGSD
Retnoprihartiningsih1694@gmail.com
Wahid Ibnu Zaman dan Sugiono
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih tergolong kurang menarik dan monoton. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode konvensional. Sehingga siswa mendapatkan hasil yang kurang baik karena siswa cepat merasa bosan ketika mendengarkan guru berceramah tentang materi yang sedang diajarkan. Hal tersebut nampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model learning trajectory dapat meningkatkan kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada siswa kelas II di SDN Sambi 1 Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah tanpa menggunakan model learning trajectory dapat meningkatkan kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada siswa kelas II di SDN Sambi 1 Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan antara menggunakan model learning trajectory dibanding dengan tanpa menggunakan model learning trajectory dapat berpengaruh terhadap kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada siswa kelas II di SDN Sambi 1 Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Test and Post-Test Group Nonrandomized dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Sambi 1 Ringinrejo Kediri dengan menggunakan sampling jenuh. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing sudah ditentukan. Untuk kelompok eksperimen menggunakan kelas II A dan untuk kelompok kontrol menggunakan kelas II B.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning trajectory terhadap kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada pembelajaran Matematika siswa kelas II SDN Sambi 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan (1) Kemampuan melakukan operasi hitung campuran siswa kelas II SDN Sambi 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016 dapat dinyatakan baik, nilai rata-rata yang diperoleh 83,76 berada di atas KKM yang harus dicapai 75. (2) Kemampuan melakukan operasi hitung campuran tanpa menggunakan model pembelajaran learning trajectory siswa kelas II SDN Sambi 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016 dapat dinyatakan kurang baik, nilai rata-rata yang diperoleh 77,96. (3) Diperolehnya thitung > ttabel yaitu 2,540 > 2,010 pada taraf signifikan 5% dan nilai sign. (2 tailed) kurang dari 0,05 ( 0,014 < 0,05) sehingga H0 ditolak.
Kata Kunci: model learning trajectory, kemampuan melakukan operasi hitung campuran.