PENGARUH MODEL JIGSAW DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN BUJEL 2 KOTA KEDIRI TAHUNAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ANINGTIYA MAHARANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0111

Abstract

ABSTRAK ANINGTIYA MAHARANI: Pengaruh Model Jigsaw Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Pada Siswa Kelas IV SDN Bujel Kota Kediri. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata kunci :Model Jigsaw,MediaGambar, Perubahan Kenampakan Bumi Peneltian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam pembelajaran IPA di SD masih banyak guru yang masih mengadopsi pola-pola lama yang cenderung pasif, dan guru masih menggunakan metode konvensional. Akibatnya siswa akan kurang aktif, malas berfikir dan pembelajaran akan membosankan. Hal tersebut membuat keberhasilan pembelajaran cenderung rendah. Permasalahan peneltian ini adalah (1) ApakahModel Jigsawdidukung media gambarberpengaruhterhadapkemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumipadasiswakelasIV SDN Bujel Kota Kediri ? (2)ApakahModel Jigsawtanpadidukung media gambarberpengaruhterhadapkemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumipadasiswakelasIV SDN Bujel Kota Kediri ? (3)AdakahperbedaanpengaruhantaramenggunakanModel Jigsawdidukung media gambardisbandingmenggunakanModel Jigsawtanpadidukung media gambarterhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumipadasiswakelasIV SDN Bujel Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan teknik Eksperimen, dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design dan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Bujel I dan II Kota Kediri yang terdiri dari SDN Bujel I dengan jumlah 23 siswa (kelompok eksperimen) dan SDN Bujel II dengan jumlah 22 siswa (kelompok kontrol) yang ditentukan dengan non random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumen untuk mengukur kemampuan siswa adalah pre-test dan post-test yang dapat dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Jigsaw didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Bujel I Kota Kediri, hal ini terbukti dari t_h= 7,828>t_(t 1%) = 2,819 (dengan ketuntasan klasikal sebesar 95,5%); (2) Penggunaan model Jigsaw tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri, hal ini terbukti dari t_h= 9,718>t_(t 1%) = 2,819 (dengan ketuntasan klasikal 65%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Jigsaw didukung media gambar dibanding penggunaan model Jigsaw tanpa didukung media gambar terhadap kemampauan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri, dengan keunggulan pada model Jigsaw didukung media gambar terbukti dengan hasil? t?_h= 3,886>t_(t 1%) = 2,704. Keunggulan pada penggunaan model Jigsaw didukung media gambar terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 86,96 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok kontrol 77,87.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI