PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIDUKUNG MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN NGEPEH 1 KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

KUKUH YAYUK ISTIKOMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0109

Abstract

ABSTRAK : Didukung Media Konkrit Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi serta Sifat-sifatnya Kukuh Yayuk Istikomah: Pengaruh Model CTL Pada Siswa Kelas IV SDN Ngepeh 1 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran IPA di SD masih dominasi pada peran guru dan akibatnya siswa pasif. Sehingga membuat keberhasilan pembelajaran rendah. Permasalahan penelitian ini adalah(1) Apakah model CTL Didukung Media Konkrit berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi serta Sifat-sifatnya Pada Siswa Kelas IV SDN Ngepeh 1 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek?(2) Apakah model CTL tanpa Didukung Media Konkrit berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi serta Sifat-sifatnya Pada Siswa Kelas IV SDN Ngepeh 1 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek?(3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model CTL Didukung Media Konkrit dibanding model CTL tanpa Didukung Media Konkrit berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi serta Sifat-sifatnya Pada Siswa Kelas IV SDN Ngepeh 1 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD yang terdiri dari dua kelompok yaitu eksperimen (20 orang) dan kontrol (20 orang). Teknik pengumpulan data berupa tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa adalah soal pretest dan posttest yang dapat dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model CTL Didukung Media Konkrit sangat berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi serta Sifat-sifatnya pada siswa kelas IVA SDN Ngepeh 1 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, terbukti dengan hasil t_h= 8,596> t_(t 1%) = 2,831 (dengan ketuntasan sebesar 89,5%); (2) Penggunaan model CTL tanpa Didukung Media Konkrit sangat berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi serta Sifat-sifat-sifatnya pada siswa kelas IVB SDN Ngepeh 1 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, terbukti dengan hasil t_h= 6,263> t_(t 1%) = 2,831 (dengan ketuntasan 59%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara model CTL Didukung Media Konkrit dibanding model CTL tanpa Didukung Media Konkrit sangat berpengaruh terhadap kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi serta Sifat-sifat-sifatnya pada siswa kelas IVB SDN Ngepeh 1 Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, dengan hasil perhitungan t_h= 3,956> t_(t 1%) = 2,698 dengan keunggulan pada penggunaan model CTL Didukung Media Konkrit. Hal ini terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 85,50 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok control 75,75. Kata Kunci : Model CTL, Media Konkrit, Energi Panas dan Bunyi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI