PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN 2 NGLEBO TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FITRIANY NURPUSFITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0108

Abstract

ABSTRAK Fitriany Nurpusfita Sari: Pengaruh Model Pembelajaran CTL DiDukung Media Audio visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air Pada Siswa Kelas V SDN 2 Nglebo Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016 Kata kunci : Model CTL (contextual teaching and learning), Media Audiovisual, Mendeskripsikan Proses Daur Air. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa siswa kelas V SDN II Nglebo,Trenggalek banyak yang kurang aktif dalam pembelajaran IPA khususnya mendeskripsikan proses daur air masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaran guru hanya menerapkan metode ceramah dan hanya menghafal, sehingga kelas menjadi pasif, monoton, dan cenderung membosankan. Sehingga hasil belajar siswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75. Permasalahan peneliti adalah (1) Apakah model pembelajaran contextual teaching and learning dengan menggunakan media gambar akan berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air (2) Apakah model pembelajaran contextual teaching and learning didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning didukung media audio visual dibandingkan dengan model pembelajaran CTL didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur?. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas V SDN 2 Nglebo, dengan jumlah siswa 20 dengan masing masing siswa perempuan 9 dan laki-laki 11 siswa. Teknik penelitian ini mengguanakan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulka bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran CTL didukung media audio visual sangat berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur (2) Pengguanaan model pembelajaran CTL didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air (3) Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran CTL didukung media audio visual dibanding model pembelajaran CTL didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air. dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran CTL didukung media audiovisual. Hal ini terbukti dari rata-rata post test kelompok eksperimen 90,2500 lebih besar dari pada post test kelompok kontrok 85,4500. Berasrkan Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan 1) Tujuan pokok penggunaan model CTL adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. 2) Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah model CTL didukung media audio visual sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI