Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Educaion didukung media konkrit terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngepeh Tahun ajaran 2015/2016
Author (Penulis)
YENI DWI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0107
Abstract
ABSTRAK
Yeni Dwi Lestari: Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Didukung Media Konkrit terhadap Kemampuan Menjumlahkan Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN Ngepeh Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri,2016.
Kata Kunci:pengaruh, pendekatan Realistic Mathematics Education, kemampuan, penjumlahan pecahan.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti bahwa pembelajaran di sekolah dasar sebagian besar masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa terhadap suatu konsep. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit dan pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngepeh tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngepeh Kabupaten Trenggalek. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ngepeh. Terdapat dua kelompok subjek penelitian, yaitu kelompok kontrol berjumlah 28 siswadan kelompok eksperimenberjumlah 28 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tehnik pretest and posttest design.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit berpengaruh terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngepeh tahun 2015/2016? (2) Apakah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit berpengaruh terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngepeh tahun 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit dibanding tanpa menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngepeh tahun 2015/2016?
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngepeh belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata (mean) adalah 65.00 dan ketuntasan klasikal 53,57% < 70%.(2) ada pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngepeh berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata (mean) adalah 72,32 dan ketuntasan klasikal71,43% > 70% dan (3) ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit dibanding menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) didukung media konkrit terhadap kemampuan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ngepeh dibuktikan dengan nilai Sig. 0,040 < 0,05 danthitung= 2,102 > 2, 00488 = ttabel.