PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN SISWA KELAS IV SDN SUKORAME KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

TUTIK WIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0103

Abstract

Abstrak Tutik Widayati: Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan Siswa Kelas IV SDN Sukorame Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: Model Quantum Learning, pengaruh, pemahaman, perubahan lingkungan fisik Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya banyak siswa yang nilainya tidak mencapai KKM. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan siswa pada materi memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan siswa kelas IV di SDN Sukorame 4 Kediri tahun 2015/2016 menggunakan model Quantum Learning? (2) Bagaimana kemampuan siswa pada materi memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan siswa kelas IV di SDN Sukorame 5 Kediri tahun 2015/2016 dengan menggunakan metode konvensional? (3) Adakah pengaruh model Quantum Learning pada materi memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan siswa kelas IV di SDN Sukorame 4 Kediri tahun 2015/2016? Peneltian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan subyek penelitian siswa kelas IV di SDN Sukorame 4 dan 5 Kediri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, mengggunakan instrumen berupa RPP dan soal posttest. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa kelas IV SDN Sukorame 4 Kediri tahun ajaran 2015/2016 dalam materi memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan tergoloong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyak siswa yang mencapai nilai di atas KKM. (2) Kemampuan siswa kelas IV SDN Sukorame 5 Kediri tahun ajaran 2015/2016 dalam materi memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan tergoloong rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyak siswa yang tidak mencapai nilai KKM. (3) Model pembelajaran Quantum Learning memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kemampuan pemahaman perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan siswa kelas IV SDN Sukorame 4 dan 5 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, dorekomendasikan (1) Dengan menggunakan Model Quantum Learning, dapat terjalin adanya interaksi antara peserta didik, dapat membangkitkan semangat belajar pada siswa karena suasana kelas yang menyenangkan. (2) Guru diharap untuk menggunakan Model Quantum Learning dalam materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI