PENERAPAN MODEL TAI (TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN MRICAN 4 KEDIRI TAHUN 2016-2017.
Author (Penulis)
SUKMAWATI NUR FAIZIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0102
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran matematika di SD masih dirasa sulit, guru belum menemukan model yang cocok untuk diterapkan di kelas. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif yang menyebabkan nilai formatif/hasil belajarpun menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas guru, aktifitas siswa dan penguasaan konsep dalam penerapan model TAI dengan Snowball Throwing terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Mrican 4 Kediri Tahun 2016 – 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Mrican 4. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan menerapkan model TAI dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktifitas guru, aktifitas siswa dan penguasaan konsep siswa.
KATA KUNCI : Model TAI, Snowball Throwing, kemampuan mengidentifikasi, bangun ruang.