PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS – JENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN BANGSAL 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ERIKA DIANTY ASNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0101

Abstract

ERIKA DIANTY ASNAWATI:Pengaruh Model Two Stay Two Stray Didukung Media Nyata Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis – Jenis Tanah Pada Siswa Kelas V SDN Bangsal 1 Kota Kediri. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci :Model Two Stay Two Stray,media nyata, Tanah Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut membuat keberhasilan pembelajaran cenderung rendah. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apakah model Two Stay Two Stray didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Bangsal 1 Kota Kediri? (2) Apakah model Two Stay Two Stray tanpa didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Bangsal 1 Kota Kediri? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model Two Stay Two Stray didukung media nyata dibanding model Two Stay Two Stray tanpa didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Bangsal 1 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bangsal 1 Kota Kediri yang terdiri dari dua kelompok yaitu eksperimen (22 orang) dan kontrol (22 orang). Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa adalah soal pretest dan posttest yang dapat dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray didukung media nyata berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Bangsal 1 Kota Kediri, terbukti dengan hasil t_h= 12.090>t_(t 1%) = 2,831 (dengan ketuntasan sebesar 88,87%); (2) Penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray tanpa didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas VSDN Bangsal 1 Kota Kediri, terbukti dengan hasil t_h= 9.721>t_(t 1%) = 2,831 (dengan ketuntasan 61,14%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media nyata dibanding model Two Stay Two Stray tanpa didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis–jenis tanah pada siswa kelas V SDN Bangsal 1 Kota Kediri, dengan hasil perhitungan t_h= 4.102>t_(t 1%) = 2,698 dengan keunggulan pada penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media nyata. Hal ini terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 86,000 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok kontrol 76,363.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI