PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN SIDOWAREG 2 TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DESI ARINI NURDIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0098

Abstract

Desi Arini Nurdiani. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Didukung Media Konkret Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi Yang Terdapat Di Lingkungan Sekitar Serta Sifat-Sifatnya Pada Siswa Kelas IV SDN Sidowareg 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: metode pembelajaran problem solving, media konkret dan kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Perlu adanya variasi metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan dalam mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya menggunakan metode pembelajaran problem solving didukung media konkret pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 tahun ajaran 2015/2016. 2) untuk mengetahui kemampuan dalam mendeskripsikan enegi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 tahun ajaran 2015/2016. 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 tahun ajaran 2015/2016. Teknik penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik penelitian eksperimental. Sampel penelitian kelas eksperimen yaitu keseluruhan populasi yang ada di kelas IV SDN Sidowareg 2 sejumlah 28 siswa. Dan kelas kontrol yaitu keseluruhan populasi yang ada di kelas IV SDN Sidowareg 1 sejumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai posttest dari 24 siswa pada kelas IV SDN Sidowareg 1 (kontrol) yaitu diperoleh nilai rata-rata 69,33 dan pada kelas IV SDN Sidowareg 2 (eksperimen) yaitu diperoleh nilai rata-rata 84. Berdasarkan nilai analisis menggunakan uji t-tes pada hipotesis 3 diperoleh nilai thitung > ttabel (4,122 > 2,011) maka, H0 ditolak H1 diterima pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh metode pembelajaran problem solving didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 tahun ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI