PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER II DI SDN BOBANG I KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LOUISA NESTI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0096

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan kegiatan pembelajaran di kelas IV SDN Bobang I, bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung guru masih menggunakan metode ceramah tanpa didukung dengan model ataupun metode pembelajaran yang lain. Akibatnya pembelajaran berjalan monoton dan siswa pasif pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan tanpa menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV di SDN Bobang I Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. (2) Mendeskripsikan kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan dengan menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV di SDN Bobang I Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. (3) Menjelaskan pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan pada siswa kelas IV SDN Bobang I Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian eksperimen dengan desain Post Test Only Control Design. Subjek penelitian terdiri dari kelas IV A dengan jumlah siswa 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah siswa 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes yang terdiri atas soal uraian berjumlah 20 soal. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan tanpa menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV masih di bawah KKM (75) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73,54. (2) Kemampuan menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV mencapai KKM (75) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 83,13. (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV di SDN Bobang I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Kata Kunci Model Problem Based Learning, dampak Pengambilan Bahan Alam terhadap Pelestarian Lingkungan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI