ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN BESAR SUDUT DALAM PENGGUNAAN MODEL MEAN ENDS ANALYSIS DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA BAGAN PADA KELAS III SDN CAMPUREJO II KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016
Author (Penulis)
CHALIMATUS SA'DIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0095
Abstract
Abstrak
Peranan media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, jika model ataupun
media pembelajaran yang digunakan kurang tepat, tentu suasana pembelajaran akan membosankan dan
siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan
mengembangkan model dan media pembelajaran yang tepat. Permasalahan penelitian ini (1) Bagaimana
kemampuan siswa kelas III SDN Campurejo II Kota Kediri tahun pelajaran 2015-2016 dalam
mengidentifikasi jenis dan besar sudut dengan menggunakan model pembelajaran MEA (Mean Ends
Analysis) didukung media audio visual dan model pembelajaran MEA yang didukung media bagan? (2)
Adakah perbedaan kemampuan mengidentifikasi jenis dan besar sudut pada siswa kelas III SDN
Campuerjo II Kota Kediri tahun pelajaran 2015-2016 dalam menggunakan model pembelajaran MEA
(Mean Ends Analysis) didukung media audio visual dan media bagan ?. Penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan perbedaan kemampuan mengidentifikasi jenis dan besarsudut pada siswa kelas III SDN
Campuerjo II Kota Kediri tahun pelajaran 2015-2016 dengan menggunakan model pembelajaran MEA
yang didukung media audio visual dan media bagan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan teknik Postest only Group Design dan analisis data menggunakan statistk deskriptif. Subyek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN Campuerjo II kelas III A berjumlah 39 siswa dan
kelas III B berjumlah 40 siswa. Hasil penilitan ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan
mengidentifikasi jenis dan besar sudut dalam menggunakan model pembelajaran Mean Ends Analysis
didukung media audio visual dan media bagan pada siswa kelas III SDN Campuerjo II. Rata-rata hasil
belajar kelas yang diajar menggunakan model Mean Ends Analysis didukung media audio visual
sebanyak 80,00 lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajar menggunakan model Mean Ends
Analysis didukung media bagan sebanyak 70,63 .
Kata Kunci : Kemampuan Mengidentifikasi Jenis dan Besar Sudut, Model MEA, Media Audio Visual
dan Bagan, Hasil belajar.