ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN BESAR SUDUT DALAM PENGGUNAAN MODEL MEAN ENDS ANALYSIS DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA BAGAN PADA KELAS III SDN CAMPUREJO II KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016


Author (Penulis)

CHALIMATUS SA'DIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0095

Abstract

Abstrak Peranan media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, jika model ataupun media pembelajaran yang digunakan kurang tepat, tentu suasana pembelajaran akan membosankan dan siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan mengembangkan model dan media pembelajaran yang tepat. Permasalahan penelitian ini (1) Bagaimana kemampuan siswa kelas III SDN Campurejo II Kota Kediri tahun pelajaran 2015-2016 dalam mengidentifikasi jenis dan besar sudut dengan menggunakan model pembelajaran MEA (Mean Ends Analysis) didukung media audio visual dan model pembelajaran MEA yang didukung media bagan? (2) Adakah perbedaan kemampuan mengidentifikasi jenis dan besar sudut pada siswa kelas III SDN Campuerjo II Kota Kediri tahun pelajaran 2015-2016 dalam menggunakan model pembelajaran MEA (Mean Ends Analysis) didukung media audio visual dan media bagan ?. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan kemampuan mengidentifikasi jenis dan besarsudut pada siswa kelas III SDN Campuerjo II Kota Kediri tahun pelajaran 2015-2016 dengan menggunakan model pembelajaran MEA yang didukung media audio visual dan media bagan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Postest only Group Design dan analisis data menggunakan statistk deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN Campuerjo II kelas III A berjumlah 39 siswa dan kelas III B berjumlah 40 siswa. Hasil penilitan ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan mengidentifikasi jenis dan besar sudut dalam menggunakan model pembelajaran Mean Ends Analysis didukung media audio visual dan media bagan pada siswa kelas III SDN Campuerjo II. Rata-rata hasil belajar kelas yang diajar menggunakan model Mean Ends Analysis didukung media audio visual sebanyak 80,00 lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajar menggunakan model Mean Ends Analysis didukung media bagan sebanyak 70,63 . Kata Kunci : Kemampuan Mengidentifikasi Jenis dan Besar Sudut, Model MEA, Media Audio Visual dan Bagan, Hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI