PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN SUKORAME 3 TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FERA DWI PUSPITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0094

Abstract

ABSTRAK Fera Dwi Puspita Sari: Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Pesawat Sederhana Siswa Kelas V SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Tahun, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci : Model Pembelajaran Take and Give dan Kemampuan Mendeskripsikan Pesawat Sederhana. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan pesawat sederhana yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Intruction pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan pesawat sederhana yang diajarkan dengan menggunakan model Take and Give pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan mendeskripsikan pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukorame 3. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, dan hasil belajar siswa (tes tulis). Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa F hitung untuk indeks prestasi adalah 2.887 dengan probabilitas 0.002, dan nilai rata-rata kelas V-A yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (69,05) kurang dari nilai KKM (75) dan nilai kelas V-B dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give (80,23) lebih dari nilai KKM (75). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan mendeskripsikan pesawat sederhana pada siswa kelas V. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Siswa kelas V SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016 kurang mampu mendeskripsikan pesawat sederhana yang diajarkan dengan metode pembelajaran Direct Intruction. (2) Siswa kelas V SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016 mampu mendeskripsikan pesawat sederhana yang diajarkan dengan model pembelajaran Take and Give. (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan mendeskripsikan pesawat sederhana siswa kelas V SDN Sukorame 3 Tahun Ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI