Pengaruh Model Cooperative Script Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menceritakan Tokoh - Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu Budha dan Islam Di Indonesia pada Kelas V SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015 / 2016


Author (Penulis)

RENITA YULI RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0088

Abstract

ABSTRAK RENITA YULI RAHMAWATI :Pengaruh Model Cooperative Script Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menceritakan Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia padaKelas V SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri TahunAjaran 2015/2016. Kata kunci : Model Cooperative Script, Tokoh-tokoh Sejarah pada Masa Hindu,Budhadan Islam di Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa pada pembelajaran IPSdi SD masih didominasi peran guru. selain itu model pembelajaran dan media yang digunakan masih belum tepat, siswa menjadi pasif dan pembelajaran menjadi membosankan dikarenakan guru belum menentukan model dan media yang tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran Cooperative Script dan media gambar agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan menceritakan tokoh – tokoh sejarah Hindu (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script didukung media gambar terhadap kemampuan menceritakan tokoh – tokoh sejarah Hindu. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara menggunakan Model Cooperative Script tanpa didukung media gambar dibanding Model Pembelajaran Cooperative Script didukung media gambar terhadap kemampuan menceritakan tokoh sejarah pada masa Hindu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian kelas V SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2015/2016. Teknik penelitian ini menggunakan desain Pretest-Postest Group Control design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa (RPP)lembar validasi dan hasil belajar (test tulis).Analisisdata yang digunakan adalah jenis analisis data dengan teknik statistikinferensial dengan uji-t dan menggunakan program SPSS 16 For Windows. Simpulan hasil penelitian (1) Penggunaan model Cooperative Script tanpa didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu di Indonesia pada kelas V SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri 2015/2016 dengan ketuntasan klasikal 69,13%, hasil ini terbukti dari tingginya t hitung 17,566 > t tabel 1% 2,517 (2) Penggunaan model Cooperative Script didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu di Indonesia pada kelas V SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri 2015/2016 dengan ketuntasan klasikal 96,14%, hasil ini terbukti dari tingginya t hitung 23,239 > t tabel 1% 2,517 (3) Ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model Cooperative Script tanpa didukung media gambar dibanding model Cooperative Script didukung media gambar terhadap kemampuan menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu di Indonesia pada kelas V SDN Puncu 2 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri 2015/2016 dengan keunggulan pada model Cooperative Script didukung media gambar, hasil ini terbukti dari tingginya t hitung 4,372 > t tabel 1% 2,418, dan dari hasil perbandingan nilai rerata posttest kelompok eksperimen 82,67 > pretest kelompok kontrol 72,24

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI