PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN TENTANG TOPIK SEDERHANA DENGAN MEMPERHATIKAN PENGGUNAAN EJAAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PANGGUL TAHUN 2016
Author (Penulis)
YUSUF
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0087
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran Bahasa
Indonesia materi menyusun karangan siswa kelas IV SD Negeri 3 tangkil,
terdapat 65
% siswa
mendapat
nilai rata
-
rata di bawah KKM. Hal ini disebabkan, guru hanya menggunakan metode
ceramah tanpa model
dan media pembelajaran, sehingga penyampaian materi ber
sifat abstrak
.
Tujuan
dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mendeskripsikan
kemampuan menyusun karang
an
tentang
topik
sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan,
menerapkan
metode ceramah pada siswa kel
as
kelas kontrol;
2)
Untuk mendeskripsikan
kemampuan menyusun karangan
tentang berbagai topik
sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan,
menerap
kan
model
CIR
C
didukung media
gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tangkil Tahun 2016; 3) Untuk menjelaskan
pengaruh
pembelajaran dengan menerapkan model
model
CIR
C
didukung media gambar pada siswa kelas IV
SD Negeri 3 Tangkil Kecamatan Panggul Tahun
2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian
Quasi Experimental
Design,
dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 3 Tan
gkil.
Teknik analisis data yang
digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji
-
t pada taraf signifikan 5%.
Simpulan hasil penelitian ini adalah : 1) Kemampuan men
yusun karangan tentang
topik
sederhana
menggunakan
model
ceramah
pada siswa
kelas kontrol
dinyatakan belum berhasil, nilai
rata
-
rata yang diperoleh siswa (X)=66,75. 2) Kem
ampuan men
yusun karangan tentang
topik sederhana
memperhatikan penggunaan ejaan
menggunakan model pembelajaran
CIRC
didukung media gambar
pada siswa SD Negeri 3 Tangkil dinyatakan berhasil, nilai rata
-
rata yang diperoleh siswa (X)=74,75.
3) Ada pengaruh
yang signifika
n penggunaan model pembelajaran
CIRC
didukung media gambar
terhadap kemampuan men
yusun karangan tentang
topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan pada siswa kelas IV SDN 3 Tangkil Kecamatan Pang
gul Tahun Ajaran 2016.
Hasil
analis
is yang dilakukan menunjukkan nilai t
hitung
3,488 ? t
tabel
2,042 dan
nilai rata
-
rata kelas
eksperimen 74,75 > KKM. Artinya ada pengaruh penggunaan model CIRC didukung media gambar
terhadap kemampuan menyusun karangan pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tangki
l Tahun Ajaran
2016.
Kata kunci :
Pembelajaran, kemampuan menyusun karangan, CIRC, Gamba