PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN TENTANG TOPIK SEDERHANA DENGAN MEMPERHATIKAN PENGGUNAAN EJAAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PANGGUL TAHUN 2016


Author (Penulis)

YUSUF
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0087

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun karangan siswa kelas IV SD Negeri 3 tangkil, terdapat 65 % siswa mendapat nilai rata - rata di bawah KKM. Hal ini disebabkan, guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa model dan media pembelajaran, sehingga penyampaian materi ber sifat abstrak . Tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyusun karang an tentang topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan, menerapkan metode ceramah pada siswa kel as kelas kontrol; 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan, menerap kan model CIR C didukung media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tangkil Tahun 2016; 3) Untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran dengan menerapkan model model CIR C didukung media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tangkil Kecamatan Panggul Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian Quasi Experimental Design, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 3 Tan gkil. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji - t pada taraf signifikan 5%. Simpulan hasil penelitian ini adalah : 1) Kemampuan men yusun karangan tentang topik sederhana menggunakan model ceramah pada siswa kelas kontrol dinyatakan belum berhasil, nilai rata - rata yang diperoleh siswa (X)=66,75. 2) Kem ampuan men yusun karangan tentang topik sederhana memperhatikan penggunaan ejaan menggunakan model pembelajaran CIRC didukung media gambar pada siswa SD Negeri 3 Tangkil dinyatakan berhasil, nilai rata - rata yang diperoleh siswa (X)=74,75. 3) Ada pengaruh yang signifika n penggunaan model pembelajaran CIRC didukung media gambar terhadap kemampuan men yusun karangan tentang topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan pada siswa kelas IV SDN 3 Tangkil Kecamatan Pang gul Tahun Ajaran 2016. Hasil analis is yang dilakukan menunjukkan nilai t hitung 3,488 ? t tabel 2,042 dan nilai rata - rata kelas eksperimen 74,75 > KKM. Artinya ada pengaruh penggunaan model CIRC didukung media gambar terhadap kemampuan menyusun karangan pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tangki l Tahun Ajaran 2016. Kata kunci : Pembelajaran, kemampuan menyusun karangan, CIRC, Gamba

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI