PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SDN I GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NUR IDHA MEGASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0085

Abstract

NUR IDHA MEGASARI: Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dengan Menggunakan Media Papan Flanel terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SDN I Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan yang diajar dengan model pembelajaran Scramble didukung media media papan flanel pada siswa kelas III SDN 1 Gondang tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas III SDN 1 Gondang tahun ajaran 2015/2016? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara model Scramble didukung media papan flanel dibanding dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas III SDN 1 Gondang tahun ajaran 2015/2016? Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Gondang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) penggunaan model Scramble didukung media papan flanel mendapatkan hasil akhir dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 90.40. 2) penggunaan model pembelajaran langsung mendapatkan hasil akhir dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 71.65. Ada perbedaan pengaruh penggunaan model Scramble didukung media papan flanel dibanding model pembelajaran langsung terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan. Hal ini terbukti pada kelompok eksperimen nilai rata-ratanya 90.40, sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-ratanya 71,65. Sehingga kelompok eksperimen lebih unggul. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok penggunaan model Scramble adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir cepat. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus men’gutamakan proses belajar yang mengarah kepada kemampuan berpikir cepat siswa. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model Scramble sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI