PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR DAUN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN SIDOWAREG 2 KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
YULI KRISTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0081
Abstract
ABSTRAK
YULI KRISTIANA : Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Struktur Daun Tumbuhan dan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN Sidowareg 2 Kecamatan Pelemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya kelas IV, siswa SDN Sidowareg 2 kesulitan untuk menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya yang telah dipelajari. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru belum menentukan model pembelajaran yang tepat untuk materi hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya . Siswa kesulitan untuk menguasai materi ajar sehingga kemampuan memahami dan menjelaskan siswa belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model CTL agar tujuan pembelajarannya tercapai.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana kemampuan siswa menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya tanpa menggunakan model pembelajaran CTL siswa kelas IV SDN Sidowareg 1 Kec. Plemahan Kab. Kediri 2015/2016 ? (2) bagaimana kemampuan siswa menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya dengan menggunakan model pembelajaran CTL siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 Kec. Plemahan Kab. Kediri 2015/2016? (3) adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan siswa menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 Kec Plemahan Kab. Kediri 2015/2016? ?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian post-test only control design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sidowareg 1 dan 2 Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya tes tertulis berupa soal pilihan ganda
Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5 %. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (7,371) > ttabel ( 2,704 ) dan nilai rata-rata kelas IV tanpa menggunakan model CTL (63,71) di antara 0-74 < KKM (70) dan nilai kelas IV dengan model (ctl) (82,36) di antara 75-85 > KKM (70). Artinya ada pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 Kab. Kediri 2014/2015.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sangat signifikan model contextual teaching and learning terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV SDN Sidowareg 2 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri 2015/2016.
Kata kunci : model contextual teaching and learning (CTL), kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya.