PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN DI DAERAHNYA SISWA KELAS IV SDIT AL-ISTIQOMAH KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TA. 2015/2016


Author (Penulis)

DEWI RULIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0080

Abstract

Abstrak DEWI RULIANI: Pengaruh Model Problem Based Learning Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengenal Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam Dan Potensi Lain Di Daerahnya Siswa Kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk TA.2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri 2016. Kata kunci: model Problem Based Learning, media gambar, mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya Penelitian ini didasari oleh pengamatan dan pengalaman secara langsung peneliti di SDIT Al-Istiqomah. Berdasarkan pengamatan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya pada materi mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya masih rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih bersifat verbal saja. Akibatnya siswa cenderung pasif, malas, dan tidak antusias dalam proses kegiatan pembelajaran yang sekaligus membuat pembelajaran terkesan membosankan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan dalam mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya tanpa menggunakan model Problem Based Learning didukung media gambar siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk TA. 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan dalam mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya dengan menggunakan model Problem Based Learning didukung media gambar siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk TA. 2015/2016? (3) Bagaimana perbedaan hasil belajar dalam mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya tanpa dan dengan menggunakan model Problem Based Learning yang didukung didukung media gambar siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk TA. 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design. Teknik ini akan membandingkan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dengan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas yakni kelas IVA dengan jumlah 38 siswa dan kelas IVB dengan jumlah 34 siswa sehingga jumlah keseluruhan 72 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% . Hasil analisis yang dilakukan diperoleh nilai thitung (5,03896) > ttabel ( 2,000 ) dan nilai rata-rata kelas IVB tanpa menggunakan model Problem Based Learning didukung media gambar (74,20) kurang dari nilai KKM (75) sedangkan nilai rata-rata kelas IVA dengan menggunakan model Problem Based Learning didukung media gambar (85,84) lebih dari nilai KKM (75). Artinya ada pengaruh model PROBLEM Based Learning didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk TA. 2015/2016. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya tanpa menggunakan model Problem Based Learning didukung media gambar siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016 dikategorikan sedang. (2) kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya dengan menggunakan model Problem Based Learning didukung media gambar siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016 dikategorikan tinggi. (3) ada perbedaan pengaruh model Problem Based Learning didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI