Pengaruh Metode Pembelajaran Probing Promting Learning Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Cara Pencegahan Kerusakan Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Sidowareg II Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri 2016/2017


Author (Penulis)

AGUNG PAMUNGKAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0079

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang telah dilakukan dilapangan, bahwa kemampuan siswa mendeskripsikan cara pencegan kerusakan lingkungan masih rendah dan nilai siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih menggunakan cara mengajar yang konvensional, disamping itu guru juga masih belum menggunakan metode pembelajaran yang variatif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dipilih yaitu metode pembelajaran probing promting learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mendeskripsikan cara pencegan kerusakan lingkungan sebelum dan setelah menggunakan Metode Pembelajaran Probing Promting Learning dan pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Probing Promting Learning terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegan kerusakan lingkungan. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Sidowareg II tahun ajaran 2016/2017, dan menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian ini berupa data nilai pretest dan posttes yang selanjutnya diuji menggunakan uji t. Selanjutnya hasil penelitian menunujukkan nilai rata-rata siswa pada kemampuan mendeskripsikan cara pencegan kerusakan lingkungan setelah menggunakan Metode Pembelajaran Probing Promting Learning lebih tinggi dari sebelum menggunakan Metode Pembelajaran Probing Promting Learning. Dari nilai rata-rata siswa yang meningkat berarti ada pengaruh penggunaan penggunaan Metode Pembelajaran Probing Promting Learning pada siswa kelas IV. Saran dari penelitian ini adalah agar metode pembelajaran probing promting learning dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan cara pencegan kerusakan lingkungan. KATA KUNCI : Metode Pembelajaran Probing Promting Learning, kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan kelas IV.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI