PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA KELAS IV SDN GURAH I KABUBATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SAFIRA QILBHA MAGFIRROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0075

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil penelitian dan pengamatan bahwa pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di SD siswa hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru secara lisan (ceramah), hanya sebatas dari buku IPS saja. Sehingga siswa kurang tertarik dan kurang focus saat pelajaran IPS. Sehingga siswa tidak dapat menguasai materi yang berarti kemampuan rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode Role Playing. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah Metode Role Playing berpengaruh terhadap Sikap Patriotisme pada siswa kelas IV SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri TahunAjaran 2015/2016?. (2) Apakah Metode Ceramah berpengaruh terhadap Sikap Patriotisme pada siswa kelas IV SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?. (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan Metode Role Playing dibanding dengan Metode Ceramah terhadap Sikap Patriotisme pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data berupa angket. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Metode Role Playing berpengaruh signifikan terhadap sikap patriotisme pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016 dengan tingginya harga t_hitung (7,720) >? t?_tabel 1% (2,845). (2) Metode Ceramah berpengaruh terhadap sikap patriotisme pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016 dengan tingginya harga t_hitung (3,121) > t_tabel 1% ( 2,845). (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan menggunakan Metode role playing dibanding Metode Ceramah terhadap sikap patriotisme pada siswa kelas IV SDN Gurah I Kabupaten Kediri Tahun 2015/2016 dengan keunggulan pada pengaruh metode Role Playing. Hal ini terbukti dari harga ? t?_(hitung ) (3,905)> ttabel 1% ( 2,711) dengan x ? kelompok experimen 90,50 >( x) ? kelompok kontrol 78,90.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI