PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN ORGANISASI PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT, SEPERTI PRESIDEN, WAKIL PRESIDEN DAN PARA MENTERI SISWA SD KELAS IV SDN GROGOL III KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MAMLUATUL KHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0073

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran kelas IV SDN Grogol 3 pada materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat. Pembelajaran PKN di SD didominasi aktifitas menghafal dan mengerjakan tugas, sehingga siswa kurang memahami. Suasana kelas yang pasif mengakibatkan siswa kurang bebas mengembangkan kemampuan yang ada. Dengan demikian hasil belajar siswa rendah di bawah nilai rata-rata KKM (75). Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan siswa menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat sepeti Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri tanpa metode Course Review Horay siswa kelas IV; (2) Mendeskripsikan kemampuan siswa Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat sepeti Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri dengan metode Course Review Horay, (3) Mendeskripsikan pengaruh metode Course Review Horay terhadap kemampuan menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat sepeti Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri siswa kelas IV. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian eksperimen dengan True Eksperimental Design, dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Grogol III. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumen penelitian berupa RPP dan soal isian. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis penelitian menunjukkan nilai t-hitung (6,48) > t-tabel (2,30) dan nilai rata-rata kelas kontrol (67,58) < kelas eksperimen (81,45). Dari hasil analisis tersebut maka; (1) Kemampuan siswa dalam menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para menteri pada siswa kelas IV tanpa menggunakan metode Course Review Horay (67,58) di bawah nilai rata-rata KKM (75); (2) Kemampuan siswa dalam menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat seperti, Presiden, , Wakil Presiden dan para Menteri pada siswa kelas IV menggunakan metode Course Review Horay (81,45) di atas nilai rata-rata KKM (75); (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode Course Review Horay terhadap kemampuan Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri pada siswa kelas IV. Hasil uji-t sebesar 6,48. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode Course Review Horay terhadap kemampuan menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para menteri pada siswa kelas IV SDN Grogol III Tahun Ajaran 2015-2016. Kata Kunci: Metode, Course Review Horay, Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat, Kemampuan Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI