PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN ORGANISASI PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT, SEPERTI PRESIDEN, WAKIL PRESIDEN DAN PARA MENTERI SISWA SD KELAS IV SDN GROGOL III KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MAMLUATUL KHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0073
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran kelas IV SDN
Grogol 3 pada materi Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat. Pembelajaran PKN di SD didominasi
aktifitas menghafal dan mengerjakan tugas, sehingga siswa kurang memahami. Suasana kelas yang pasif
mengakibatkan siswa kurang bebas mengembangkan kemampuan yang ada. Dengan demikian hasil
belajar siswa rendah di bawah nilai rata-rata KKM (75). Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk (1)
Mendeskripsikan kemampuan siswa menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat sepeti
Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri tanpa metode Course Review Horay siswa kelas IV; (2)
Mendeskripsikan kemampuan siswa Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat sepeti
Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri dengan metode Course Review Horay, (3) Mendeskripsikan
pengaruh metode Course Review Horay terhadap kemampuan menyebutkan Organisasi Pemerintahan
Tingkat Pusat sepeti Presiden, Wakil Presiden, dan para Menteri siswa kelas IV.
Penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian eksperimen dengan True
Eksperimental Design, dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian siswa kelas
IV SDN Grogol III. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumen penelitian berupa RPP dan soal
isian. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis penelitian
menunjukkan nilai t-hitung (6,48) > t-tabel (2,30) dan nilai rata-rata kelas kontrol (67,58) < kelas
eksperimen (81,45). Dari hasil analisis tersebut maka; (1) Kemampuan siswa dalam menyebutkan
Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para menteri pada siswa
kelas IV tanpa menggunakan metode Course Review Horay (67,58) di bawah nilai rata-rata KKM (75);
(2) Kemampuan siswa dalam menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat seperti, Presiden, ,
Wakil Presiden dan para Menteri pada siswa kelas IV menggunakan metode Course Review Horay
(81,45) di atas nilai rata-rata KKM (75); (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode
Course Review Horay terhadap kemampuan Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat,
seperti Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri pada siswa kelas IV. Hasil uji-t sebesar 6,48. Dengan
demikian ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode Course Review Horay terhadap kemampuan
menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti Presiden, Wakil Presiden dan para menteri
pada siswa kelas IV SDN Grogol III Tahun Ajaran 2015-2016.
Kata Kunci: Metode, Course Review Horay, Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat, Kemampuan
Menyebutkan Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat.