PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DIDUKUNG MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB BENDA TERAPUNG, TENGGELAM DAN MELAYANG DI AIR PADA SISWA KELAS IV SDN BUJEL KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NI'MAH APRILINA WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0072

Abstract

ABSTRAK NI’MAH APRILINA WIJAYANTI: Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry didukung media konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi faktor penyebab benda terapung, tenggelam dan melayang di air pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mengidentifikasi faktor penyebab benda terapung, tenggelam dan melayang di air pada siswakelas IV SDN Bujel masih kesulitan dalam menerima materi, karena guru dalam menjelaskan materi hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa menjadi pasif dan pelajaran menjadi membosankan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tesebut dibutuhkan model pembelajaran Inquiry didukung media konkrit agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Berdasarkan latar belakang, diperoleh rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) Apakah menggunakan metode ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi faktor penyebab benda terapung, tenggelam dan melayang di air pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?, (2) Apakah menggunakan model pembelajaran Inquiry didukung media konkrit berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi faktor penyebab benda terapung, tenggelam dan melayang di air pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan metode ceramah dibanding dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry didukung media konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi faktor penyebab benda terapung, tenggelam dan melayang di air pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri. Pada kelas kontrol dilakukan di SDN Bujel 3 Kota Kediri dengan jumlah siswa 25 dan pada kelas eksperimen dilakukan di SDN Bujel 2 Kota Kediri dengan jumlah 25 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara menggunakan metode ceramah dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry didukung media konkrit, hal ini dapat dilihat dari: (1) Kemampuan mengidentifikasi faktor penyebab benda terapung, tenggelam dan melayang di air menggunakan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 dikategorikan rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil koefisiensi pengaruh dari kelas kontrol didapatkan 35,2%. (2) Kemampuan mengidentifikasi faktor penyebab benda terapung, tenggelam dan melayang di air menggunakan model pembelajaran Inquiry didukung media konkrit pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 dikategorikan tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil koefisiensi pengaruh dari kelas eksperimen didapatkan 93,21%. (3) Ada perbedaan pengaruh antara menggunakan metode ceramah dibanding dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry didukung media konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi faktor penyebab benda terapung, tenggelam dan melayang di air pada siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.Hal ini dapat dibuktikan adanya perbedaan koefisien pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas control yaitu 93,21%- 35,2% = 58,01 %. Kata kunci : model Inquiry, media konkrit, faktor benda terapung, tenggelam dan melayang di air

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI