Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Tentang Mendeskripsikan Energi Panas Dan Bunyi Yang Terdapat Di Lingkungan Sekitar Serta Sifat-Sifatnya Dengan Penerapan Metode Inkuiri Di Kelas IV SDN Campurejo 1 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016”.


Author (Penulis)

ENDAH WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0071

Abstract

Abstrak Endah WulanDari: “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Tentang Mendeskripsikan Energi Panas Dan Bunyi Yang Terdapat Di Lingkungan Sekitar Serta Sifat-Sifatnya Dengan Penerapan Metode Inkuiri Di Kelas IV SDN Campurejo 1 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016”. Kata Kunci : Hasil Belajar, Berpikir Kritis, Inkuiri Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru dan masih banyak menggunakan metode ceramah. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah.Permasalahan penelitian ini adalah :1. Bagaimana kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode inkuiri ?2. Bagaimana kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode inkuiri ? 3. Apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode inkuiri ? 4. Apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil Belajar dan berpikir kritis siswa ? Peneliti ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan teknik Desain Pra-Eksperimen. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Campurejo I Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penelitian tes tertulis dan sikap. Analisis data yang digunakan adalah uji KKM. Simpulan hasil penelitian ini adalah 1. Penerapan penggunaan metode Inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siwa tentang mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang ada dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya. Hal ini terbukti dengan analisis yang ada di bab IV, jumlah siswa yang tuntas dari 19 siswa (61,29 % menjadi 24 siswa 77,41%. Oleh karena itu guru harus berlomba dengan dirinya sendiri untuk membuat siswa menikmati dan mendapat hasil maksimal dari proses belajar yang dilakukan, bukan berlomba untuk menyelesaikan materi pelajaran tepat sebelum ujian seperti yang umum terjadi. 2. Guru masih perlu meneliti terus-menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran dengan metode inkuiri sesuai dengan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI