Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Mendiskripsikan Energi Panas dan Bunyi yang Terdapat di Lingkungan Sekitar Serta Sifat-Sifatnya untuk Siswa Kelas IV SDN NGRONGGO I Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

RUDI HERMAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0067

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah.Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Bagaimana kemampuan siswa terhadap pengetahuan mendiskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya tanpa strategi pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV. (2)Mengetahui kemampuan siswa terhadap pengetahuan mendiskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan diterapkan strategi pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV. (3) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual dengan metode Konvensional? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Ngronggo I dan SDN Ngronggo II Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, dan test berupa soal isian. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil analisis kelas post-test kontrol, diketahui siswa kelas IV dinyatakan kurang menguasai Materi pembelajaran. Dapat diketahui bahwa dengan nilai KKM 60 hanya 13 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 19 siswa mendapat nilai dibawah KKM .(2)Berdasarkan hasil analisis data kelas post-test Eksperimen diketahui siswa kelas IV dinyatakan menguasai materi pembelajaran. Dapat diketahui dengan nilai KKM 60 sebanyak 22 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 12 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (3) Berdasarkan hasil analisis uji-t terdapat perbedaan prestasi belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran kontekstual dengan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisa data t hitung ditemukan sebesar 3.677, sedangkan t tabel dengan menggunakan taraf signifikan 5% adalah sebesar 1.998. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan kata lain ada pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap pengetahuan mendiskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya untuk siswa kelas IV SDN Ngronggo 1 tahun ajaran 2016/ 2017

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI