PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIDUKUNG MEDIA BUNGA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR BUNGA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN SIDOWAREG 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
MUHAMMAD ABU RIZAL
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0064
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Abu Rizal: Pengaruh Model Team Assisted Individualization didukung Media Bunga Konkret terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Bunga Dengan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN Sidowareg 2 Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Bunga Dengan Fungsinya menggunakan model pembelajaran Taeam Assisted Individualization tanpa didukung media Bunga Konkret? (2) Bagaimana Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Bunga Dengan Fungsinya dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media Bunga Konkret? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media Bunga Konkret terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Bunga Dengan Fungsinya?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian True Experimental Design dan analisis data berupa analisis uji-t. Subjek penelitian pada siswa kelas IV SDN Sidowareg 2. Penelitian dilakukan di satu sekolah dengan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan masing-masing 3 kali pertemuan dan diakhir pembelajaran dilakukan post test yang digunakan peneliti untuk menganalisis hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media Bunga Konkret terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Struktur Bunga Dengan Fungsinya Pada Kelas IV SDN Sidowareg 2, hal ini diketahui dari hasil analisis uji-t dengan menggunakan independent t-test sig.2 tailed 0,001, maka 0,001<0,05 sehingga H0 ditolak.
Kata Kunci: Team Assisted Individualization, media pembelajaran, Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Bunga Dengan Fungsinya.