Pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing didukung media gambar terhadap kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya pada kelas V SDN Klurahan 4 kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

LIA KARTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0062

Abstract

Lia Kartika Sari. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Klurahan 4 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017 Kata kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, Media Gambar, Kemampuan Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran Snowball Throwing didukung media gambar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Model Pembelajaran Snowball Throwing ddidukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan Sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Klurahan 4 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun ajaran 2016/2017? (2) Apakah Model Pembelajaran Snowball Throwing tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelasV SDN Klurahan 4 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2016/2017? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing didukung media gambar dibanding penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Klurahan 4 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2016/2017? Hasil temuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Penggunaan Model pembelajaran Snowball throwing didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Klurahan 4 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dengan ketuntasan klasikal 86,5% (2) Penggunaan Model pembelajaran Snowball throwing tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Klurahan 4 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dengan ketuntasan klasikal 32,5% (3) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan Model pembelajaran Snowball throwing didukung media gambar dengan Model pembelajaran Snowball throwing tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Klurahan 4 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dengan keunggulan pada penggunaan Model pembelajaran Snowball throwing didukung media gambar diketahui bahwa nilai rerata Post Test yang diperoleh pada eksperimen adalah 86.00 sedangkan nilai rerata Post Tes pada penggunaan kontrol adalah 72,50.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI