PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS ( THINK-PAIRE-SHARE ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENENTUKAN JARING – JARING BALOK DAN KUBUS, PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOKERTO 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

HERMAWAN ADHITIYA GUMAY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0061

Abstract

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS ( THINK-PAIRE-SHARE ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENENTUKAN JARING – JARING BALOK DAN KUBUS, PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOKERTO 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015/2016 HERMAWAN ADHITIYA GUMAY 12.1.01.10.0061 FKIP – PGSD Adhitiya_gme@yahoo.com Dr. Subardi Agan, M.pd Abdul Aziz Hunaifi, S.S, M.A UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK HERMAWAN ADHITIYA GUMAY :Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think-Paire-Share) dalam pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Menentukan Jaring-jaring Balok dan Kubus Siswa Kelas IV SDN Purwokerto 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan, pada pokok bahasan menentukan jaring-jaring balok dan kubus siswa kelas IV SDN Purwokerto 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri masih mengalami kesulitan. Hal dikarenakan kegiatan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan variasi metode dan model pembelajaran. Sehingga siswa di sekolah cenderung pasif dan tidak menarik bagi siswa. Dengan adanya permasalahan tersebut, diperlukan adanya model pembelajaran yang sesuai dengan karakter materi yang disampaikan. Yang dianggap cocok dengan karakter materi yang disampaikan. Dengan demikian diambil tujuan penelitian sebagai berikut: (1). Mendeskripsikan kemampuan dalam menentukan jaring-jaring balok dan kubus, tanpa menggunakan model TPS (Think-Pair-Share). (2). Mendeskripsikan kemampuan dalam menentukan jaring-jaring balok dan kubus dengan menggunakan model TPS (Think-Pair-Share). (3). Mendeskripsikan pengaruh penggunaan model TPS (Think-Pair-Share) terhadap kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian Pree Experimental Desigh tipe Statik-group Comparasion (perbandingan kelompok statik) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Purwokerto 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pretest dan postest. Soal tersebut diberikan kepada kelas IV A dan IV B. Analisis data yang digunakanadalah statistic inferensial dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus tanpa menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share). (2) Kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus dengan menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share). (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus. Kata Kunci : Model TPS (Think-Paire-Share), kemampuan menentukan jaring-jaring balok dan kubus.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI