PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR AKAR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 WIDORO KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MIKA ROHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0060
Abstract
Kata kunci : model pembelajaran snowball throwing, media gambar, kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya.
Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan siswa untuk menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya yang dipelajarinya. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru belum menentukan model dan media yang tepat untuk materi menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model snowball throwing didukung media gambar agar tujuan pembelajarannya tercapai.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya menggunakan model pembelajaran snowball throwing di dukung media gambar pada siswa kelas IV SDN 1 Widoro tahun ajaran 2015/2016? (2) bagaimana kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya menggunakan model pembelajaran snowball throwing tanpa di dukung media gambar pada siswa kelas IV SDN 1 Widoro tahun ajaran 2015/2016? (3) apakahada perbedaan kemampuan antara menggunakan model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar dibandingkan dengan model pembelajaran snowball throwing tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN 1 Widoro tahun ajaran 2015/2016?.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-posttest control group design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Widoro Kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya tes tertulis berupa soal pilihan ganda
Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, normalitas, dan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (2,565) > ttabel (1,68595) dan ketuntasan klasikal kelas IV menggunakan model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar ? 75% yakni 80% dan nilai kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing tanpa didukung media gambar < 75% yakni 55%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN 1 Widoro tahun ajaran 2015/2016.